welcome

Selamat datang di Supplier Ayam Potong jakarta!
Kami merupakan usaha keluarga yang bergerak di bidang supplier penjual daging ayam potong broiler segar, berkualitas, dan halal di Jakarta Selatan. Selama bertahun-tahun Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan daging ayam potong broiler segar berkualitas tinggi dan halal dengan harga yang terjangkau pada pelanggan kami seperti catering, rumah makan, dan restoran atau pun rumah tangga.

Senin, 28 Oktober 2013

Mengetahui Kelamin Ayam Dalam Telur



mengetahui-kelamin-ayam-dalam-telur
Apa bisa mengetahui kelamin ayam saat masih di dalam telur? 

Pertanyaan itu timbul di benak saya saat mengantar istri saya ke puskesmas untuk usg. Sebagai pelaku di usaha supplier ayam potong di Jakarta, saya jadi berpikir bagaimana caranya seorang peternak ayam dapat membedakan jenis kelamin ayam saat masih di dalam telur seperti kita dapat mengetahui jenis kelamin anak kita pada saat masih di dalam kandungan. Kalau ada cara untuk itu maka akan ada perkembangan positif buat para peternak dalam menetaskan bibit ayamnya.

Rasa penasaran dan ingin tahu yang besar memotivasi saya untuk googling ke sana ke mari dengan tujuan mendapatkan informasi cara mengetahui jenis kelamin ayam saat masih belum menetas. Akhirnya saya sampai di sebuah situs yang menulis artikel tentang membedakan kelamin ayam dalam telur.

Cara yang dituliskan adalah dengan menggunakan pendulum. Caranya sederhana sekali, mereka memanfaatkan cincin emas yang diikat benang  menyerupai pendulum. Cara pemakaiannya: Pendulum di pegang dengan jarak 1-2 cm dari telur, lalu amati pergerakan arah pendulum.
  • Bila pendulum bergerak horizontal-ke depan dan belakang bergantian-tanda betina.
  • Bila pendulum berputar searah jarum jam berarti jantan.
  • Bila pendulum tidak bergerak samasekali, bisa dipastikan telur tersebut tidak dibuahi.
Ternyata mengetahui jenis kelamin seekor ayam yang masih ada di dalam telur sangatlah mudah, namun saya akan berpikir seribu kali untuk menerapkannya di dunia peternakan sekarang. Coba bayangkan ada ratusan atau  ribuan telur yang akan ditetaskan ke dalam  mesin penetas dalam sebuah usaha produksi doc. Pasti repot sekali.

Paling tidak rasa ingin tahu saya bagaiman cara mengetahui jenis kelamin seekor ayam dalam posisi masih berada di dalam telur  telah terpenuhi. Kata orang  tua yang saya selalu ingat adalah “belajar sebuah ilmu atau pengetahuan tidak ada ruginya, namun bila ingin menerapkannya harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu.”

Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat positif bagi yang membacanya. Terima kasih telah mengunjungi blog supplier ayam segar saya ini. Salam sukses selalu buat anda.

Sumber:
http://www.bebeja.com/pendulum-bedakan-kelamin-ayam/#sthash.93d5uRzb.dpuf
heru setianto
supplier ayam potong jakarta
jln. haji sajim, no.65, kebayoran baru
jakarta selatan , dki jakarta , 12140 indonesia
supplier

This hCard created with the hCard creator.

1 komentar:

  1. Pakai pendulum ini dasar ilmunya dari mana??pseudo science namanya alias masih mitos..

    BalasHapus