welcome

Selamat datang di Supplier Ayam Potong jakarta!
Kami merupakan usaha keluarga yang bergerak di bidang supplier penjual daging ayam potong broiler segar, berkualitas, dan halal di Jakarta Selatan. Selama bertahun-tahun Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan daging ayam potong broiler segar berkualitas tinggi dan halal dengan harga yang terjangkau pada pelanggan kami seperti catering, rumah makan, dan restoran atau pun rumah tangga.

Sabtu, 19 Oktober 2013

Cara Tepat Menangani Stres Panas Pada Ayam Broiler

Kali ini Supplier Ayam Potong Jakarta mencoba membagikan tips untuk mengatasi stress panas pada ayam broiler yang biasanya terjadi pada saat pengiriman.

Pada saat suhu lingkungan tinggi maka broiler sangat sulit mengatur suhu tubuhnya sehingga terjadi penurunan asupan pakan atau feed intake serta meningkatnya konsumsi air minum. Tentu saja kondisi itu dapat berpengaruh terhadap produktivitas broiler tersebut.


Tanya :

Saya seorang peternak broiler (ayam pedaging) dari daerah Sumatera Barat. Daerah peternakan saya berada memiliki cuaca yang cukup panas. Saya pernah mendengar istilah ‘heat stress’ atau stres pada ayam akibat cuaca panas. Apakah saya bisa mendapatkan informasi mengenai ‘heat stress’ tersebutdan bagaimana cara mengatasinya?. Terima kasih. Ujang – Sumatera Barat

Jawab:

Kondisi stres panasmerupakan suatu bentuk reaksi fisiologis, biokimia,dan tingkah laku terhadap perubahan lingkungan seperti peningkatan suhu lingkungan. Stres merupakan ungkapan umum tentang penyesuaian fisiologis dan perilaku seperti perubahan denyut jantung, respirasi, temperatur, dan tekanan darah yang terjadi jika ternak mengalami kondisi yang merupakan stressor. Pada saat suhu lingkungan tinggi maka broiler sangat sulit mengatur suhu tubuhnya sehingga terjadi penurunan asupan pakan atau feed intake serta meningkatnya konsumsi air minum. Sebagai tanda biasanya terlihat dari tingkah laku broiler yang terengah–engah (panting). Hal ini disebabkan sebagian besar cadangan air dalam tubuh broiler digunakan untuk menetralisir suhu yang ada dalam tubuhnya. Tentu saja kondisi itudapat berpengaruh terhadap produktivitas broiler tersebut.

Selain itu,stres pada ayam dapat menyebabkan immunosupresif (menekan sistem kekebalan tubuh) sehingga agen-agen penyakit lainnya dengan mudah dapat menyerang tubuh ayam.  Stres juga menurunkan khasiat vaksinasi, daya tahan hidup ayam, asupan pakan dan pertambahan bobot badan ayam.

Hal – hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian akibat stres panasyaitu dengan mengubah jadwal pemberian pakan. Jadwal pemberian pakan dapat dilakukan saat cuaca tidak terlalu panas yaitu pada pagi dan sore hari. Pemberian cairan elektrolit dan cairan asam juga dapat mengantisipasi dampak negatifdari kondisi tersebut.

Terkait hal tersebut diatas, Acid Pak 4 Way Liquid dari Alltech dapat menjadi solusi untuk mengatasi kondisi stres pada ternak, termasuk stres panas.  Acid Pak 4 Way Liquid merupakan suplemen yang di dalamnya terdiri atasacidifier dan probiotiksertadilengkapi dengan enzim dan elektrolit. Dengan kombinasi beberapa bahan baku tersebut, menjadikan Acid Pak 4 Way Liquid dapat memberikan solusi lengkap untuk masalah stres pada ternak.

Selain dapat mengurangi stres, Acid-Pak-4-Way Liquid berfungsi dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan dan memaksimalkan pemecahan serat sehingga akan didapatkan performa yang maksimal.Elektrolit yang terdapat dalam Acid-Pak-4-Way Liquid berfungsi memelihara keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Asam organikberfungsi memberikan lingkungan ideal dalam pencernaan untuk pertumbuhan bakteri yang bermanfaat. Penambahan enzim dan bakteri asam laktat dengan cepat membantu ternak untuk proses pertumbuhan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh M. Kaewsutas di Bangkok Thailand terbukti bahwa penggunaan Acid Pak 4 Way dapat menurunkan kematian sebesar 1,5% dan memperbaiki FCR hingga 0,17 poin. Hal ini diakibatkan oleh penurunan tingkat stres pada ayam sehingga ayam dapat berproduksi secara optimal.

Aplikasi Acid Pak 4 Way Liquid cukup mudah yaitu dicampurkan ke dalam air minum sebanyak 2 ml/ liter dan dapat menggantikan penggunaan vitamin dan cairan anti stres lainnya sehingga dapat memberikan efek ekonomis yang signifikan.

Sumber
http://www.trobos.com/show_article.php?rid=11&aid=3926
heru setianto
supplier ayam potong jakarta
jln. haji sajim, no.65, kebayoran baru
jakarta selatan , dki jakarta , 12140 indonesia
supplier

This hCard created with the hCard creator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar